Tak Ada Kekeringan dan Kebakaran Hutan di Bandung Barat, Ini Sebabnya

- Jumat, 3 September 2021 | 21:46 WIB
[Ilustrasi] BPBD KBB belum mendapat laporan adanya daerah yang mengalami kekeringan dan kebakaran hutan pada musim kemarau tahun ini. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
[Ilustrasi] BPBD KBB belum mendapat laporan adanya daerah yang mengalami kekeringan dan kebakaran hutan pada musim kemarau tahun ini. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) hingga kini belum mendapat laporan adanya daerah yang mengalami kekeringan dan kebakaran hutan pada musim kemarau tahun ini.

Berdasarkan data BPBD KBB, biasanya saat musim kemarau seperti saat ini ada tiga kecamatan yang rawan terjadi kekeringan yakni, Kecamatan Ngamprah, Kecamatan Padalarang, dan Kecamatan Cipatat, hingga mengalami krisis air bersih.

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo, mengatakan, faktor yang mempengaruhi tidak adanya kekeringan pada musim kemarau tahun ini karena saat ini kondisinya kemarau basah.

"Memang sekarang musim kemarau, tapi ada saja turun hujan. Jadi, sampai saat ini tidak ada laporan kekeringan," ujarnya saat ditemui di Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Jumat 3 September 2021. 

Kendati demikian, pihaknya siap menyuplai air bersih jika ada warga yang terdampak kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Biasanya, air bersih tersebut disalurkan langsung kepada warga menggunakan mobil tanki milik BPBD.

"Tapi sampai saat ini juga belum ada permintaan suplai air bersih, sehingga kita juga belum melakukan hal itu (penyaluran)," kata Duddy.

Selain tidak mendapat laporan terkait kekeringan, pihaknya juga tidak menerima laporan kebakaran hutan yang biasanya terjadi di sejumlah wilayah di Bandung Barat.

Kebakaran hutan tersebut biasanya kerap terjadi di hutan milik Perhutani, yakni hutan di Kecamatan Cisarua, Lembang dan Cipatat. Namun, di daerah tersebut hingga saat ini tidak terjadi kebakaran sama sekali.

"Kebakaran hutan juga nihil karena itu tadi, kemaraunya basah tidak terjadi kemarau panjang seperti tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usia Waduk Saguling di Ujung Tanduk Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:15 WIB

Gaji ASN Bandung Barat Diprediksi Cair Pekan Ini

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:38 WIB
X