Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan di KBB Tahun 2021 Baru Capai 33 Persen

- Rabu, 1 September 2021 | 20:03 WIB
[Ilustrasi] Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) KBB menargetkan realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebesar Rp 112 miliar di di tahun 2021 ini. (Pixabay/mohamed Hassan)
[Ilustrasi] Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) KBB menargetkan realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebesar Rp 112 miliar di di tahun 2021 ini. (Pixabay/mohamed Hassan)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menargetkan realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebesar Rp 112 miliar di tahun 2021 ini.

Kepala Bidang Pajak II Bapenda KBB, Donny Pratama mengungkapkan, pihaknya telah menargetkan penerimaan pajak tahun ini. Namun, berdasarkan data yang diterima, perkembangan PBB di tahun ini dinilai kurang terealisasi dengan baik.

Pasalnya, hingga saat ini realisasi PBB baru tercapai 33 persen atau sebesar Rp37 miliar dari target tersebut.

"Kita akan terus memacu realisasi PBB ini, di samping pajak terutang tahun ini," ungkapnya, Rabu 1 September 2021.

Ia mengaku, pihaknya dalam hal ini Bidang Penagihan terus berupaya mendistribusikan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

"Terkadang yang menjadi masalahnya adalah SPPT yang tidak terdistribusi dengan baik, sehingga wajib pajak sendiri terkadang lupa bahwa ada pajak yang harus dibayar," tuturnya.

Donny memastikan, pihaknya melakukan distribusi SPPT dengan baik. Selain itu, upaya lain yang dilakukan agar target realisasi tercapai dengan baik adalah dengan memberikan kewenangan kepada rekan-rekan di kecamatan.

Menurutnya, pihak kecamatan lebih memahami kondisi di lapangan daripada tim Bapenda.

"Kecamatan juga sebagai perwakilan kita, jadi kita bagi-bagi tanggung jawab. Kemudian, selain kita mengejar target pajak terutang berjalan SPPT 2021, kawan-kawan penagihan sedang berupaya untuk mengejar tunggakan-tunggakan di tahun ke belakang," paparnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X