Duh! Pohon Penghias Trotoar di Depan Pemkab Bandung Ganggu Pengguna Jalan

- Selasa, 30 Mei 2023 | 16:49 WIB
Keberadaan pohon penghias trotoar di depan Komplek Perkantoran Pemkab Bandung mengganggu akses pengguna jalan. (AyoBandung/Mildan Abdalloh)
Keberadaan pohon penghias trotoar di depan Komplek Perkantoran Pemkab Bandung mengganggu akses pengguna jalan. (AyoBandung/Mildan Abdalloh)

SOREANG,AYOBANDUNG.COM-- Keberadaan pohon penghias trotoar di depan Komplek Perkantoran Pemkab Bandung mengganggu akses pengguna jalan.

Pohon tersebut ditanam hampir di tengah-tengah trotoar yang mengakibatkan pengguna jalan tidak bisa berjalan dengan bebas.

Bahkan, letak pohon tersebut hampir mendekati track kuning yang menjadi guide bagi disabilitas netra. Kondisi tersebut menyebabkan trotoar di depan Komplek Perkantoran Pemkab Bandung tidak ramah terhadap disabilitas.

Baca Juga: Jumlah Hewan Kurban di Bandung Barat Diprediksi Naik hingga 11.050 Ekor

"Ini sangat mengganggu, karena daun pohonnya menghalangi jalan. Kita jadi harus berjalan di pinggir," ujar Rina Marhaeni, salah seorang pejalan kaki, Selasa, 30 Mei 2023.

Dia merasa heran Pemkab Bandung bisa menanam pohon di tengah-tengah trotoar yang justru mengganggu pejalan kaki.

"Mungkin niatnya bagus, supaya lebih indah. Tapi jadi mengganggu seperti ini," ucapnya.

Terlebih pohon-pohon tersebut ditanam hampir di tengah dan mendekati track kuning yang menjadi guide bagi disabilitas netra.

Baca Juga: Membanggakan! Atlet Kota Bandung Sumbang 23 Medali SEA Games 2023 untuk Indonesia

"Kalau disabilitas netra menggunakan track tersebut, sudah dipastikan kepalanya akan tersangkut ranting. Rendah banget rantingnya," ucapnya.

Dia memandang pembuatan track kuning berbintik tersebut untuk memudahkan disabilitas netra ketika berjalan. Namun dengan keberadaan pohon-pohon tersebut menjadikan track disabilitas menjadi tidak berfungsi sama sekali.

"Harusnya diperhitungkan betul. Ini mah jangankan disabilitas, orang normal juga kalau berjalan melamun akan tersangkut," katanya.

Tidak hanya itu, dengan adanya pohon di trotoar depan Komplek Perkantoran Pemkab Bandung juga rawan disalahgunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab pada malam hari.***

 

Halaman:

Editor: Miftah Salis Hidayah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hati-hati Marak Travel Umroh Bodong di Cianjur  

Rabu, 27 September 2023 | 19:33 WIB
X