Efek Fenomena El Nino, 15 Kelurahan di Cimahi Berpotensi Dilanda Kekeringan

- Selasa, 30 Mei 2023 | 14:27 WIB
Ilustrasi -- Kekeringan. (Kavin Faza)
Ilustrasi -- Kekeringan. (Kavin Faza)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 15 keluruhan atau seluruh wilayah di Kota Cimahi berpotensi mengalami kekeringan akibat penomena perubahan iklim El Nino.

Pemetaan potensi bencana kekeringan ini berdasarkan hasil Kajian Risiko Bencan (KRB) yang dilakukan BPBD Cimahi tahun 2022.

Dari hasil kajian tersebut 15 keluruhan di Cimahi masuk bahaya kekeringan dengan kategori sedang.

Baca Juga: Siap PPDB Jabar 2023 SMA, SMK dan SLB, Ini Cara Membuat Akun 

Berdasarkan pemetaan luas potensi bencana kekeringan di Kota Cimahi adalah 4.280,40 hektar.

Kelurahan dengan luas bahaya tertinggi adalah Kelurahan Cipageran yaitu seluas 620,28 hektar dengan kelas tinggi atau sekitar 14,49 % dari total luas wilayah bahaya kekeringan.

"Hasil dokumen KRB, potensi kekeringan hampir ada diseluruh kelurahan. Cuma rata-rata kategori sedang. Ini yang kita waspadai pada saat muncul El Nino. Terutama di wilayah dengan luasan potensi kekeringan cukup besar seperti di Kelurahan Cipageran," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi Fitriandy Kurniawan, Selasa 30 Mei 2023.

Diketahui, El Nino adalah suatu fenomena pemanasan suhu muka laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Baca Juga: Dear PNS, PPPK, TNI dan Polri! SPM Pencairan Gaji 13 2023 Diajukan Tanggal Ini 

Kondisi itu dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia.

Dengan kondisi tersebut, BPBD Kota Cimahi memprediksi potensi bencana kekeringan lahan pertanian, kekeringan sumber air bersih, serta kejadian kebakaran rumah dan lahan.

Dalam upaya melakukan pencegahan terhadap tiga bencana ini, BPBD bakal gencar meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dengan menggandeng OPD terkait serta menerbitkan surat kesiapsiagaan bencana kekeringan

Sedangkan pada saat penanganan, pihaknya telah menyiapkan tangki-tangki air bersih untuk didistribusikan kepada warga yang membutuhkan.

"Kita BPBD punya satu tangki. Nanti kita koordinasikan dengan dinas lain seperti DPKP, PU, serta perusahaan air bersih. Sehingga warga yang butuh air langsung dipasok secara bergiliran," kata Andi, sapaan akrabnya.

Halaman:

Editor: Aulli Atmam

Sumber: AyoBandung.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BPBD Cimahi Tetapkan Siaga Darurat Bencana Kekeringan

Senin, 14 Agustus 2023 | 16:24 WIB
X