Bentuk Karakter Islami, Ribuan Remaja Ikuti Pelatihan Hafalan Quran hingga ESQ dari Baznas Jabar

- Kamis, 30 Maret 2023 | 18:14 WIB
Ribuan Remaja Kota Bandung dari Tingkat SD dan SMP mengikuti Sanlad Ramadan dengan Mengfal Al Qur'an hingga ESQ.  (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)
Ribuan Remaja Kota Bandung dari Tingkat SD dan SMP mengikuti Sanlad Ramadan dengan Mengfal Al Qur'an hingga ESQ. (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)

CIBEUNYING KALER, AYOBANDUNG.COM - Sebanyak 1.800 remaja mengikuti pelatihan menghafal Quran hingga Emotional Spiritual Quotient (ESQ) di Bale Asri Pusdai Jawa Barat (Jabar), Kota Bandung.

Selama tiga hari mereka ditempa untuk mempelajari cara menghafal al quran hingga dimotivasi untuk memiliki karakter Islami.

Wakil Ketua I Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar, Rachmat Ari Kusumanto mengatakan bahwa kegiatan yang dibalut dalam Pesantren Kilat (Sanlat) Ramadan tersebut telah digelar selama tiga kali.

Baca Juga: Misa Minggu Palma 2023 Gereja Katedral St Petrus Bandung, Cek Jadwal Tri Hari Suci dan Minggu Paskah

"Ini Sanlad Ramadan Baznas Jabar ke tiga, hari pertama mereka akan belajar menghafal al Qur'an dengan metode yang diberikan oleh tim Amaizing Quran dengan mushaf Az Zikr. Di hari kedua diberi ESQ untuk menggali potensi dan karakter khususnya islami," kata Rachmat di Pusdai Jabar, Kota Bandung, Kamis 30 Maret 2023.

Rachmat mengungkapkan, Sanlat Ramadan dibagi menjadi dua kategori.

Kategori kids untuk usia 6-11 tahun dan kategori teens untuk usia 12-16 tahun.

"Jadi mereka berasal dari sekolah-sekolah di Kota Bandung, ada yang dari Sekolah Dasar (SD) dan SMP," ungkapnya.

Baca Juga: FIFA Copot Indonesia Jadi Host Piala Dunia U-20, Sanksi Berat Intai PSSI, Zainudin Amali: Jangan Sampai...

Rachmat menuturkan, Sanlat Ramadan kali ini mengusung tema 'Mahkota Cahaya'.

Harapannya, para remaja akan semakin termotivasi menjadi penghafal al quran hingga menjadi generasi yang berprestasi dengan karakter islami.

"Penghafal Al-Quran mendapatkan mahkota untuk dirinya, penghafal quran juga dapat memberikan mahkota untuk orang tuanya. ESQ diberi agar mampu menggali potensi diri dengan menstimulus IQ, EQ, dan SQ," ujarnya.

"Sehingga menjadi generasi yang teguh dalam menjaga aqidah Islam, tulus dalam berperilaku sosial, serta taat beribadah hingga berprestasi," pungkasnya.

Baca Juga: Berkah Ramadhan! KPM PKH dan BPNT Kategori Ini akan Terima Bantuan Tambahan hingga Rp 2,2 Juta Cair Awal April

Halaman:

Editor: Maghita Primastya Handayani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

[FOTO] Berburu Pakaian pada Gelaran Kickfest XV Bandung

Jumat, 29 September 2023 | 18:50 WIB

[FOTO] Sisi Sunyi Pasar Andir

Jumat, 29 September 2023 | 15:57 WIB

Pembacokan OTK di Sarijadi Bandung, Polisi Kejar Pelaku

Kamis, 28 September 2023 | 19:06 WIB
X