Polisi Tingkatkan Operasi Knalpot Bising di Kota Bandung, Ratusan Knalpot Tak Sesuai Standar Berhasil Disita

- Sabtu, 25 Maret 2023 | 17:26 WIB
Operasi knalpot bising dari jajaran Satlantas Polrestabes Bandung di Jalan Merdeka kota Bandung. (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)
Operasi knalpot bising dari jajaran Satlantas Polrestabes Bandung di Jalan Merdeka kota Bandung. (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Jajaran Satlantas Polrestabes Bandung meningkatkan operasi knalpot bising.

Selain menindaklanjuti keluhan warga, operasi knalpot bising ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan warga menjalankan ibadah Ramadhan.

"Sangat banyak keluhan warga, ada yang datang langsung ke kantor tapi mayoritas lewat Medsos. Kita sudah sering operasi, di Ramadhan ini kita tingkatkan (operasi knalpot bising), untuk memberikan kenyamanan juga bagi yang ibadah Ramadhan," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompil Eko Iskandar saat dihubungi, Sabtu 25 Maret 2023.

Baca Juga: Usai Viral Karena Menghina 'Bacot' Ke Developer Game Soal Keluhan Pungutan Pajak, Pegawai Bea Cukai Minta Maaf

Eko mengungkapkan, pihaknya akan menyita knalpot bising yang terjaring operasi.

Hal itu dilakukan untuk memberikan efek jera terhadap pengendara yang melanggar aturan.

"Knalpot yang bising, yang tidak standar, kita tahan supaya tidak dipakai lagi," ungkapnya.

Eko menuturkan, petugas kepolisian telah dibekali dengan alat pengukur kekerasan suara dalam melakukan operasi knalpot bising.

Baca Juga: Anak Sekolah Sering Tertabrak Kendaraan, Warga Nagreg Ingin Pemerintah Bangun JPO

Sehingga, penindakan yang dilakukan dipastikan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

"Petugas tidak sembarang, dibekali juga dengan alat pengukur decibel (dB) meter, jadi untuk sepeda motor dengan CC di bawah 175 maka maksimal suara knalpot itu 80 dB meter, ini yang kita amankan banyak yang mencapai 90 bahkan 100," tuturnya.

Sementara itu, KBO Satlantas Polrestabes Bandung, AKP Deden Juandi mengatakan bahwa, pihaknya telah mengamankan lebih dari 400 knalpot bising di Kota Bandung.

"Kita mulai lagi tanggal 12 Maret 2023 sampai hari ini kita menjaring 400 lebih knalpot, baik Polrestabes maupun Polsek," ucap Deden.

Baca Juga: Hujan Deras, Jalan Kertasari Sempat Terputus Oleh Banjir Lumpur

Halaman:

Editor: Laila Zakiyya Khairunnisa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X