Soal Spanduk Berisi Kritikan Jalan Rusak di Garut, Buntut Rasa Kekecewaan Warga pada Ridwan Kamil

- Selasa, 21 Maret 2023 | 14:51 WIB
Spanduk kritik ke Ridwan terkait jalan rusak di Garut (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)
Spanduk kritik ke Ridwan terkait jalan rusak di Garut (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)

AYOBANDUNG.COM - Spanduk kritikan terhadap Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil muncul disejumlah titik di wilayah Garut. Kritikan tersebut berisi kekecewaan warga terhadap kondisi jalanan di Garut yang mengalami rusak parah.

Spanduk tersebut dipajang oleh Koalisi Masyarakat Pemantau Pembangunan Garut.

Dadi Ahmad, salah satu anggota Koalisi Pemantau Pembangunan Garut mengatakan bahwa pihaknya kecewa karena parahnya kondisi jalan di wilayah Garut.

Baca Juga: Geger Spanduk Ridwan Kamil Gegara Jalan Rusak, Uu Ruzhanul Ulum: Bukan Tidak Peduli, Tapi Belum Waktunya

"etu bentuk kekecewaan kami sebagai masyarakat, kemarin saya sudah melakukan somasi terhadap pemprov, tapi belum ada tindak lanjut," kata Dadi saat dihubungi, Selasa 21 Maret 2023.

Dadi mengungkapkan, jalan provinsi di wilayah Garut mencapai 80 KM. Sejauh ini, sejumlah ruas jalan vital dalam kondisi rusak parah.

"Ada 80 Km di wilayah Garut, jalan yang dalam pengelolaan Pemprov Jabar, yang rusak itu di jalan vital Bandung-Garut, kemudian Cihideung, Pamempeuk," ungkapnya.

Dadi mengaku, pihaknya sangat kecewa atas sikap lamban dari Pemprov Jabar dalam memperbaiki jalan-jalan rusak di wilayah Garut. Menurutnya, jalan rusak tersebut berdampak kepada kerugian materi hingga non materi.

Baca Juga: Ketidakpercayaan Warga Garut pada Ridwan Kamil, Spanduk Ini jadi Bukti Warga Jabar Sengsara

"Dampaknya anyak hal, karena jalan itu vital, potensi kecelakaan tinggi, kerusakan kendaraan tinggi, lalu ada yang meninggal karena kecelakaan. ini hanya salah satu potret kondisi fasilitas di Jabar," ujarnya

"Kami membayar pajak dan kewajiban lainnya, yang diserahkan pengelolaannya ke pemerintah," tegasnya.

Spanduk kritik ke Ridwan terkait jalan rusak di Garut
Spanduk kritik ke Ridwan terkait jalan rusak di Garut (Ayobandung.com/Rahmat Kurniawan)

Dadi pun membenarkan bahwa ruas jalan di Garut mengalami rusak parah hanya di jaman Ridwan Kamil. Fakta itu didapatkan berdasarkan kajian para aktivis yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Pemantau Pembangunan Garut.

Baca Juga: Kritik Lewat Spanduk Jabar Sengsara, Pengamat Sebut Ridwan Kamil Jangan Baper

"Itu berdasarkan fakta, kami koalisi ini diisi oleh berbagai latar aktivis, ada aktivis 2000 an. Kami yang lebih tua fokus pada kondisi di bawah pengelolaan provinsi dan pusat. Saya memandang faktanya seperti itu," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Dina Miladina Dewimulyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X