RS Dustira Cimahi, Saksi Bisu Keberingasan Perang Zaman Penjajahan

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 10:06 WIB
Rumah Sakit Dustira di Kota Cimahi. RS bersejarah peninggalan Belanda ini memiliki banyak cerita mistis. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki)
Rumah Sakit Dustira di Kota Cimahi. RS bersejarah peninggalan Belanda ini memiliki banyak cerita mistis. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Berdiri sejak zaman kolonial Belanda, Rumah Sakit Dustira Kota Cimahi tentunya memiliki banyak kesan dan cerita.

Rumah Sakit ini menjadi saksi bisu keberingasan perang. Baik korban perang antara tentara Belanda dan pejuang Indonesia, maupun perang antara tentara Belanda menghadapi tentara Jepang.

RS Dustira juga banyak menyimpan cerita mistis. Salah satunya kisah tentang "the unknown" suster bule atau suster noni Belanda.

Kemunculan sosok suster bule itu selalu dikaitkan dengan era Belanda, mengingat rumah sakit yang dikelola TNI itu dulunya merupakan tempat perawatan para tentara zaman Belanda yang pernah menduduki Cimahi.

Cerita mistis yang banyak berkembang di Rumah Sakit Dustira adalah ketika malam-malam pasien diperiksa oleh seorang suster berambut pirang.

Namun ketika ditanyakan kepada suster lainnya, ternyata tidak ada yang mengenal suster tersebut.

"Penampilannya orang bule, suster. Pasien heran begitu ditanyain ke suster lainnya gak ada suster bule," ungkap Machmud Mubarok, salah seorang pegiat sejarah saat dihubungi Suara.com, Kamis, 12 Agustus 2021.

Urban legend lain yang muncul dari Rumah Sakit Dustira adalah keberadaan bangsal 13, yang katanya tempat pasien sakit jiwa.

Acap kali terdengar suara lolongan dari bangunan bernomor yang identik dengan nomor keramat itu.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

13 Buku Karya Mohamad Koerdie Alias Sjarif Amin

Jumat, 19 November 2021 | 14:47 WIB

Nenek Moyang PT KAI, Perusahaan Kereta Api SS di Bandung

Kamis, 30 September 2021 | 09:30 WIB

Filosofi Arsitektur dan Sejarah Masjid Salman ITB

Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:52 WIB

Kisah Huru-hara di Balik Berdirinya Pasar Baru

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:20 WIB
X