21 Bangunan Peninggalan Arsitek CP Wolff Schoemaker di Bandung

- Rabu, 20 Februari 2019 | 13:19 WIB
Foto Vila Merah di Jalan Tamansari Nomor 78, Bandung, sedang dalam tahap pembangunan sekitar tahun 1922. Vila Merah masuk ke dalam daftar karya Nomor 33 Wolff Schoemaker (Repro dari buku Arsitektur Tropis Modern karya C.J. van Dullemen).
Foto Vila Merah di Jalan Tamansari Nomor 78, Bandung, sedang dalam tahap pembangunan sekitar tahun 1922. Vila Merah masuk ke dalam daftar karya Nomor 33 Wolff Schoemaker (Repro dari buku Arsitektur Tropis Modern karya C.J. van Dullemen).

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM–Entah bagaimana wajah Bandung kalau tidak ada Henry Maclaine Pont, J. Gerber, Edward Cuypers, Aalbers, dan Schoemaker. Nama-nama tersebut adalah arsitek yang berjasa besar dalam pembuatan bangunan ikonik di Kota Bandung.

Sebutlah Ir. J. Gerber pembuat Gedung Sate yang tidak hanya jadi ikon Kota Bandung, tapi juga Jawa Barat. Nama lainnya semisal Henry Maclaine Pont yang membuat Aula Barat dan Aula Timur Institut Teknologi Bandung sehingga jadi bangunan yang banyak dijadikan kajian ilmiah.

AYO BACA : Bandoeng Baheula: Arsitek Wolff Schoemaker, Antara Islam dan Katolik

Jangan lupakan pula arsitek Edward Cuypers dengan karya Gedung Bank Indonesia (dulu Javasche Bank) dan A.F. Aalbers dengan karyanya Hotel Homann. Tak bisa disepelekan pula CP Wolff Schoemaker.

Berapa banyak karya arsitektur Wolff Schoemaker di Bandung masih belum jelas. Her Suganda dalam buku Jendela Bandung (Januari 2008) menulis, hasil rancangan Wolff Schoemaker di Bandung berjumlah sekitar 25 buah.

AYO BACA : Bandoeng Baheula: Meluruskan Sejarah Masjid Cipaganti (1)

Daftar Tepercaya Karya Arsitektur Schoemaker di Bandung

Daftar yang lebih tepercaya mengenai jumlah karya Schoemaker di Bandung sebetulnya bisa ditemukan dalam buku Arsitektur Tropis Modern karya C.J. van Dullemen. Buku tentang karya dan biografi C.P. Wolff Schoemaker ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Dalam buku ini disebutkan CP Wolff Schoemaker meninggalkan 21 karya arsitektur di Bandung. Sebagian di antaranya masih berdiri, sebagian lainnya sudah tak tampak lagi bekas-bekasnya. Dua di antaranya dibangun dengan hasil kolaborasi dengan adiknya, Richard Schoemaker. Satu di antaranya berlokasi di Kabupaten Bandung Barat. Berikut daftarnya:

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

13 Buku Karya Mohamad Koerdie Alias Sjarif Amin

Jumat, 19 November 2021 | 14:47 WIB

Nenek Moyang PT KAI, Perusahaan Kereta Api SS di Bandung

Kamis, 30 September 2021 | 09:30 WIB

Filosofi Arsitektur dan Sejarah Masjid Salman ITB

Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:52 WIB

Kisah Huru-hara di Balik Berdirinya Pasar Baru

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:20 WIB
X