Melihat PLTA Plengan, Pembangkit Listrik Berusia 100 Tahun

- Senin, 3 Oktober 2022 | 19:15 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA Plengan di Kabupaten Bandung sudah berusia 100 tahun yang kini masih beroperasi. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA Plengan di Kabupaten Bandung sudah berusia 100 tahun yang kini masih beroperasi. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

PANGALENGAN, AYOBANDUNG.COM -- PLTA Plengan di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, genap berusia 100 tahun. Pembangkit listrik tersebut masih beroperasi sampai sekarang.

PLTA Plengan mulai dibangun oleh kolonial belanda pada 1918 dan rampung pada 1924. Namun sejak oktober 1922 sudah dioperasikan atau kini genap 100 tahun lalu.

Pembangkit listrik ini menggunakan air yang berasal dari situ Cileunca, Kecamatan Pangalengan. Air dari situ Cileunca diturunkan menggunakan dua buah pipa besi besar yang terhubung dengan turbin di power house. Pada awal dioperasikan, PLTA Plengan hanya memiliki 3 unit turbin, namun sekarang sudah ditambah menjadi 5 turbin yang menghasilkan 6,27 MW listrik.

"Teknologi turbinnya memang masih menggunakan zaman dulu. Kalau dibandingkan dengan yang di Saguling sangat jauh sekali," ujar Dirut PT PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra ketika peringatan 100 tahun PLTA Plengan, Senin 3 Oktober 2022.

Baca Juga: Simpang dan Pasar Gedebage Banjir, Pengendara Terjebak Hampir 2 Jam

Namun, pihaknya masih mempertahankan keberadaan PLTA Plengan, mengingat saat ini energi terbarukan menjadi populer dan tuntutan dunia.

"Ini menjadi bukti, ketika sekarang renewable energy jadi tuntutan dunia, Indonesia sudah memilikinya sejak 100 tahun lalu. Makanya kami terus rawat," katanya.

Biasanya PLTA hanya memiliki usia 30-50 tahun, namun PLTA Plengan bisa mencapai satu abad dengan daya yang dihasilkan masih sama seperti saat awal dibangun.

Baca Juga: 100 Tahun Beroperasi Power House PLTA Plengan Dijadikan Heritage

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bojong Kunci: Sejarah Cita Rasa Opak

Jumat, 16 September 2022 | 19:40 WIB
X