100 Tahun Beroperasi Power House PLTA Plengan Dijadikan Heritage

- Senin, 3 Oktober 2022 | 16:53 WIB
PLTA Plengan di Pangalengan, Kabupaten Bandung, telah beroperasi selama 100 tahun, sejak 1922 dan akan jadi heritage. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
PLTA Plengan di Pangalengan, Kabupaten Bandung, telah beroperasi selama 100 tahun, sejak 1922 dan akan jadi heritage. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

PANGALENGAN, AYOBANDUNG.COM -- PLTA Plengan di Pangalengan, Kabupaten Bandung, telah beroperasi selama 100 tahun, sejak 1922. Bangunan peninggalan Belanda tersebut akan dijadikan heritage dan dipelihara sesuai aslinya.

Direktur Utama PT PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, walau berusia 100 tahun, PLTA Plengan masih menghasilkan listrik yang menyuplai kebutuhan listrik Jawa-Bali.

Hampir seluruh komponen di PLTA Plengan juga masih menggunakan peninggalan saat awal dibangun, termasuk power house atau tempat turbin, sehingga pihaknya akan menjadikan power house menjadi heritage untuk terus dilestarikan.

"Power house ini masih sama seperti waktu awal dibangun sampai sekarang sudah 100 tahun dan akan tetap dipelihara. Akan kami jadikan heritage," ujar Edwin saat perayaan 100 tahun PLTA Plengan, Senin 3 oktober 2022.

Baca Juga: Sejarah Jalur Kereta Api Karawang-Padalarang, Proyek Ambisius Belanda yang Dinilai Pemborosan

Menjadikan power house PLTA Plengan sebagai heritage, pantas untuk dilakukan. Bangunan tersebut sarat akan nilai-nilai sejarah energi di Indonesia.

PLTA Plengan, merupakan salah satu pembangkit listrik pertama di Indonesia yang menyuplai kebutuhan listrik Jawa-Bali.

Seluruh komponen power house nyaris tidak berubah sama sekali. Bangunan khas Belanda kental terlihat. Pihak PLN Indonesia Power hanya melakukan perawatan dan perbaikan tanpa mengubah bentuk.

Baca Juga: Mendengar Senandung Nostalgia di Toko Kaset Pita Bekas Cihapit

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bojong Kunci: Sejarah Cita Rasa Opak

Jumat, 16 September 2022 | 19:40 WIB
X