Detik Akhir Pentolan G30S Letkol Untung, Tewas oleh Regu Tembak di Lembang

- Kamis, 29 September 2022 | 14:24 WIB
Di balik foto eksekusi Letkol Untung milik Jacob, terdapat keterangan yang menuliskan bahwa eksekusi mati itu dilakukan di Kawasan Lembang. (Tangkapan layar Instagram/koleksi_sejarah_indo)
Di balik foto eksekusi Letkol Untung milik Jacob, terdapat keterangan yang menuliskan bahwa eksekusi mati itu dilakukan di Kawasan Lembang. (Tangkapan layar Instagram/koleksi_sejarah_indo)

Di balik foto eksekusi Letkol Untung milik Jacob, terdapat keterangan yang menuliskan bahwa eksekusi mati itu dilakukan di Kawasan Lembang dekat Kota Bandung.

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM - Seorang kolektor arsip sejarah asal Washington, Amerika Serikat, bernama Jacob Cass menggunggah sebuah video pendek dalam akun Instagramnya, pada Rabu, 31 Agustus 2022.

Video itu berisi penjelasan ringkas dari Jacob tentang koleksi foto sejarah eksekusi mati Pimpinan Gerakan 30 September (G30S), Letkol Untung Syamsuri.

Terlihat dalam video itu foto Letkol Untung berada di depan tiang kayu eksekusi regu tembak. Kaki, lengan, dan matanya terikat kain.

Baca Juga: Sejarah Singkat G30S PKI, Kronologi Pembantaian Berdarah 7 Pahlawan Indonesia di Lubang Buaya: Peristiwa Kelam

Di kedua sisinya, tampak dua orang polisi militer memeriksa simpul ikatan kain pada tubuh Untung.

"Foto ini saya dapat dari house seller di Eropa, yang didapat dari arsip perusahaan surat kabar di Prancis," kata Jacob Cass dalam akun Instagramnya @koleksi_sejarah_indo.

Di balik foto eksekusi Letkol Untung milik Jacob, terdapat keterangan yang menuliskan bahwa eksekusi mati itu dilakukan di Kawasan Lembang dekat Kota Bandung, pada 5 Oktober 1967.

Baca Juga: Tragedi Gempa Dahsyat Hancurkan Jalur Kereta Api Padalarang-Cipatat dan Aksi Heroik Warga Pribumi

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bojong Kunci: Sejarah Cita Rasa Opak

Jumat, 16 September 2022 | 19:40 WIB
X