Mengenal Sosok 'The Killer' di Balik Toko Akiat, Juara Dunia Layangan dari Kota Bandung

- Kamis, 8 September 2022 | 20:15 WIB
Akiat dijuluki 'The Killer' oleh lawan-lawan termasuk panitia penyelenggara. Ia Juara Dunia layangan dari Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Akiat dijuluki 'The Killer' oleh lawan-lawan termasuk panitia penyelenggara. Ia Juara Dunia layangan dari Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

Akiat dijuluki "The Killer" oleh lawan-lawan termasuk panitia penyelenggara di tingkat internasional. Dia juara dunia layangan dari Kota Bandung.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Layang-layang masih sering dimainkan hingga kini. Permainan ini tidak memandang umur. Anak-anak, remaja, bahkan orang tua masih bisa berpartisipasi.

Kota Bandung memiliki sentra layangan di Gang Sereh, tak jauh dari Jalan Cibadak, yang terkenal karena harganya yang murah.

Baca Juga: Makam Pahlawan Kondang, Tempat Peristirahatan Pejuang yang Melawan DI/TII

Di sana, ada satu toko dengan desain sederhana khas zaman dulu dan masih terawat dengan baik. Dibalut cat warna krem, tempat itu tampak berdiri kokoh di tengah himpitan bangunan bernuansa modern. Toko Akiat namanya.

Meski saat dikunjungi tampak sepi, toko yang berdiri sejak 1986 ini sering dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Hal itu tak terlepas dari sosok pemilik toko Lei Fie Kiat atau karib disapa Akiat, sang juara dunia layangan asal Kota Bandung.

Baca Juga: Jalan Radio Dayeuhkolot, Saksi Sejarah Penyebaran Teks Proklamasi

Sejak dulu, pria yang kini berusia 68 tahun itu sering bertanding layangan di luar negeri. Lawan mengenalnya sebagai salah seorang master.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bojong Kunci: Sejarah Cita Rasa Opak

Jumat, 16 September 2022 | 19:40 WIB

5 Jejak Sejarah Bung Karno di Kota Bandung

Senin, 6 Juni 2022 | 17:04 WIB

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB
X