Makam Pahlawan Kondang, Tempat Peristirahatan Pejuang yang Melawan DI/TII

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 20:49 WIB
Makam Pahlawan Kondang, letaknya berdekatan dengan Tempat Pemakaman Umum warga, ukurannya sekitar 16X20 meter.  (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Makam Pahlawan Kondang, letaknya berdekatan dengan Tempat Pemakaman Umum warga, ukurannya sekitar 16X20 meter. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

Makam Pahlawan Kondang, letaknya berdekatan dengan Tempat Pemakaman Umum warga, ukurannya sekitar 16X20 meter.

MAJALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Tidak banyak yang tahu, jika di Majalaya, Kabupaten Bandung, terdapat sebuah tempat pemakaman para pahlawan.

Letaknya di Kampung Kondang, Majalaya, Kabupaten Bandung. Berdiri tegak sebuah tugu penghormatan bagi belasan orang yang bersemayam di tempat tersebut. Para pahlawan perang yang berjasa terhadap NKRI.

Makam Pahlawan Kondang, letaknya berdekatan dengan Tempat Pemakaman Umum warga, ukurannya sekitar 16X20 meter, dipisahkan dengan benteng putih dari pemakaman umum.

"Sekarang tinggal 13 makam lagi yang masih di sini," ujar Adeng, juru kunci Makam Pahlawan Kondang, Selasa, 30 Agustus 2022.

Orang-orang yang dimakamkan di tempat tersebut, bukan hanya pahlawan yang berasal dari Majalaya. Tetapi juga dari pelbagai daerah di Indonesia.

Bogor, Subang, Kalimantan dan daerah lainnya juga ada pahlawan yang dimakamkan di tempat tersebut. Memang tidak dicatat asal pahlawannya, tetapi kata Adeng, berdasarkan keluarga yang berziarah ke makam pahlawan.

Baca Juga: Makam Pahlawan di Majalaya Tidak Terawat, Juru Kunci Pakai Gajinya untuk Perbaikan

Puluhan tahun lalu, ada puluhan orang yang dimakamkan di tempat tersebut, semuanya merupakan pahlawan, baik pejuang kemerdekaan maupun penumpasan DI/TII.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bojong Kunci: Sejarah Cita Rasa Opak

Jumat, 16 September 2022 | 19:40 WIB

5 Jejak Sejarah Bung Karno di Kota Bandung

Senin, 6 Juni 2022 | 17:04 WIB

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB
X