Peringati Peristiwa Bandung Lautan Api: Mengenal Jurnalis Muda Pewarta Tragedi Pembumihangusan Bandung

- Kamis, 24 Maret 2022 | 11:18 WIB
Operasi pembumihangusan dalam peristiwa Bandung Lautan Api. (Ist)
Operasi pembumihangusan dalam peristiwa Bandung Lautan Api. (Ist)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Dalam mengenang peristiwa Bandung Lautan Api ke-76, Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan bahwa momentum ini bukan hanya untuk menghargai pengorbanan pahlawan semata, namun sebagai sarana melestarikan nilai-nilai perjuangan.

Nilai perjuangan tersebut adalah untuk mewujudkan Kota Bandung yang sejahtera, dengan meneladani nilai-nilai pahlawan yang relevan dengan situasi saat ini, yaitu berjuang melawan pandemi.

"Kita semua diterpa dengan badai pandemi Covid-19, yang menggerogoti tatanan kehidupan masyarakat. Masyarakat terancam jiwa dan kehidupan ekonominya, pola kehidupan sosial cenderung bergeser," ucap Yana Mulayana dalam Upacara Peringatan Bandung Lautan Api, di Balai Kota Bandung, Kamis, 24 Maret 2022.

Berbagai pembatasan aktivitas diterapkan oleh pemerintah, Yana mengimbau agar masyarakat patuh pada peraturan pemerintah. Hal ini merupakan salah satu bentuk perjuangan dalam menumpas Covid-19.

Yana Mulayana dalam Upacara Peringatan Bandung Lautan Api, di Balai Kota Bandung, Kamis, 24 Maret 2022. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

"Kita harus patuh kepada aturan pembatasan aktivitas yang diterapkan pemerintah pusat, termasuk berjuang melawan pandemi, termasuk memulihkan kehidupan ekonomi," kata Yana.

Yana menambahkan, pengorbanan dapat dilakukan dengan mengikuti aturan pembatasan aktivitas juga berkorban membantu siapapun yang tengah membutuhkan pertolongan.

Selain itu, Yana berharap masyarakat mengerahkan segenap potensi untuk apapun yang menyangkut kepentingan masyarakat dan menjadikan momentum penguatan daya juang.

"Saya berharap peringatan peristiwa Bandung Lautan Api ini menjadi momentum penguatan daya juang dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan, yang pada hakikatnya adalah menuntaskan cita-cita para pejuang untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa," tutur Yana.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jejak Sejarah Bung Karno di Kota Bandung

Senin, 6 Juni 2022 | 17:04 WIB

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB

Berziarah ke Makam Sembah Dalem Wirasuta Cimahi

Senin, 7 Maret 2022 | 19:24 WIB

Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:57 WIB
X