Sejarah Masjid Raya Bandung dan Kronologi Perubahannya

- Rabu, 16 Maret 2022 | 14:49 WIB
Masjid Raya Bandung tahun 1929. Mari mengenang lagi sejarah Masjid Raya Bandung. Kita intip kembali bagaimana kronologi perubahannya dari masa ke masa. (Wikimedia Commons/ Tropenmuseum (Lisensi CC))
Masjid Raya Bandung tahun 1929. Mari mengenang lagi sejarah Masjid Raya Bandung. Kita intip kembali bagaimana kronologi perubahannya dari masa ke masa. (Wikimedia Commons/ Tropenmuseum (Lisensi CC))

Wargi, mari mengenang lagi sejarah Masjid Raya Bandung. Kita intip kembali bagaimana kronologi perubahannya dari masa ke masa.

REGOL, AYOBANDUNG.COM — Alun-alun biasa digunakan masyarakat sebagai tempat berkumpul dengan berbagai kepentingannya. 

Pun, keberadaan alun-alun senantiasa jadi satu kesatuan dengan masjid raya dan bangunan pemerintahan lainnya.

Pernyataan tersebut pernah diungkapkan N. Kartika, dosen Program Studi Sejarah Universitas Padjadjaran, pada tahun 2018 lalu.

Menurut catatan sejarah, lebih dari 50 tahun wilayah Priangan dan sebagian dari Jawa Barat, pernah berada di bawah kekuasaan Kerajaan Mataram. Salah satu jejak buktinya yaitu alun-alun, yang merupakan sisa pengaruh Mataram yang masih kuat

Dulu Alun-alun masih berbentuk sederhana, bentuknya tanah lapang. Seperti alun-alun di banyak kota, bagian tengah alun-alun Bandung ditanami sepasang pohon beringin. Bangunan yang ada di dekat sana ada pendopo, masjid agung/raya, dan sebagainya,” jelas Kartika, pada tahun 2018, kepada Ayobandung.com.

Baca Juga: Misteri Pisau Belati Raksasa di Gunung Manik Cipatat

Pohon beringin yang berada di Alun-Alun Bandung, pada masa lampau, juga lazim dijadikan orang untuk tempat berteduh. Tetapi, pada masa pendudukan Jepang, pohon beringin tersebut tumbang. 

Tumbangnya pohon itu sekaligus jadi tanda kejatuhan Belanda pada saat masa penjajahan.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jejak Sejarah Bung Karno di Kota Bandung

Senin, 6 Juni 2022 | 17:04 WIB

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB

Berziarah ke Makam Sembah Dalem Wirasuta Cimahi

Senin, 7 Maret 2022 | 19:24 WIB

Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:57 WIB
X