Misteri Pisau Belati Raksasa di Gunung Manik Cipatat

- Minggu, 13 Maret 2022 | 08:00 WIB
Misteri pisau belati raksasa di Gunung Manik, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. (Suara.com/Ferry Bangkit Rizki)
Misteri pisau belati raksasa di Gunung Manik, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. (Suara.com/Ferry Bangkit Rizki)

CIPATAT, AYOBANDUNG.COM -- Ada sebuah pemandangan unik, jika kita melewati Cipatat. Dari jalan raya, kita bisa melihat ada sebuah pisau belati raksasa yang tertancap di puncak sebuah gunung.

Gunung tempat pisau belati atau sangkur raksasa berada itu bernama Gunung Manik. Lokasinya di hamparan kars Citatah di Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Gunung ini sangat kental akan sejarah dan menyimpan misteri sebuah sosok yang sedang bertapa namun hilang dalam pertapaannya. Keberadaan sangkur raksasa di atasnya kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis mistis. 

Baca Juga: Pasir Tanggulun, Gunungapi Purba di Tengah Bukit Kapur Citatah

Bahkan, ada segelintir orang yang mengaitkan pisau belati itu dengan peristiwa bencana Tsunami Aceh pada 2004. Disebutkan, pada malam hari sangkur tersebut akan terlihat menyala.

Ternyata, cerita sebenarnya dibalik sangkur raksasa itu diungkap Ketua Forum Pemuda Citatah Asep Sulaeman. Ia mengatakan, pisau belati setinggi 8 meter tersebut ternyata sebuah monumen yang dibuat oleh kesatuan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus).

"Jadi sangkur atau belati ini dibangun oleh Pusdiklatpassus tahun 2004 saat pengibaran bendera raksasa," kata Asep kepada Suara.com, belum lama ini.

pisau belati raksasa di Gunung Manik itu terlihat jelas ketika berkendara di jalan nasional yang mengarah dari Padalarang menuju Cianjur ataupun sebaliknya. Pondasinya menggunakan sebuah style box yang merupakan peninggalan Belanda.

"Jadi di atas itu ada semacam style box peninggalan Belanda, ada tiga. Kayanya tempat persembunyian zaman dulu. Nah yang dipakai (pondasi) sangkur itu yang tengah," kata Asep.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jejak Sejarah Bung Karno di Kota Bandung

Senin, 6 Juni 2022 | 17:04 WIB

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB

Berziarah ke Makam Sembah Dalem Wirasuta Cimahi

Senin, 7 Maret 2022 | 19:24 WIB

Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:57 WIB
X