Pabrik Kina Pertama di Kabupaten Bandung Tinggal Puing Tak Berguna

- Jumat, 25 Februari 2022 | 20:59 WIB
Pabrik Kina pertama di Kabupaten Bandung sudah hampir tak berwujud. Tak tersisa bentuk yang dapat menjelaskan masa lalu gemilang. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Pabrik Kina pertama di Kabupaten Bandung sudah hampir tak berwujud. Tak tersisa bentuk yang dapat menjelaskan masa lalu gemilang. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

Pabrik Kina pertama di Kabupaten Bandung sudah hampir tak berwujud. Tak tersisa bentuk yang dapat menjelaskan masa lalu gemilang.

KERTASARI, AYOBANDUNG.COM -- Gambar daun dalam logo Pemerintah Kabupaten Bandung memiliki arti mendalam berkaitan dengan kekuatan perkebunan Bandung.

Adalah daun kina yang hanya menyisakan gambar daun di logo Pemerintah Kabupaten Bandung.

Pada masanya, Kabupaten Bandung seolah menjadi kerajaan kina terbesar dunia. Hampir 90 persen kebutuhan kina dunia dipasok dari perkebunan kina di Kabupaten Bandung.

Pilar perkebunan kina Kabupaten Bandung terletak di Kecamatan Kartasari, di lokasi tersebut julang tinggi pohon kina terhampar luas di areal perkebunan yang mencapai 1.000 hektar.

Di Desa Cikembang, Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, megah bangunan pabrik didirikan mendukung produksi Kina untuk merajai pasar kina dunia.

Bangunan megah tertancap kuat di Desa tersebut. Tepatnya sekitar tahun 1941 kerajaan kina di Kabupaten Bandung menancap kuat.

"Dulu ini merupakan kantor pusat (Kina)," ujar Mandor Besar Apdeling Cikembang PTPN VIII, Agus Indo, Jumat, 25 Februari 2022.

Baca Juga: Sejarah Pabrik Kina Bandung Cuma Hiasan, Gedung Cagar Budaya Itu Malah Terbengkalai

Kantor pusat pengolahan kina memang terletak di Desa Cikembang tempat pabrik kina pertama di Kabupaten Bandung didirikan.

Namun singgasana kina Kabupaten Bandung berbentuk pabrik besar tersebut hanya tinggal puibng-puing yang tidak terawat.

Sebagian bangunan hanya menyisakan dinding-dinding tebal tanpa atap yang mengibaratkan kerjaan kina Kabupaten Bandung runtuh.

Runtuh Karena Penyerobotan

Pada 1980-an, sebuah gempa bumi mengguncang kawasan Kertasari, akibatnya sebagian bangunan Pabrik Kina pertama di Kabupaten Bandung turut hancur. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

Di Desa Cikembang, pabrik pengolahan kina pertama Kabupaten Bandung tersebut berdiri. Terdapat sejumlah bangunan sebagai pendukung mulai dari rumah mandor besar, employe, termasuk sinder.

Di dekat pabrik juga dilengkapi oleh area untuk menjemur kulit pohon kina, tentu saja area perkebunan propduksi yang mencapai 1.000 hekater luasnya.

Pada 1980-an, sebuah gempa bumi mengguncang kawasan Kertasari, akibatnya sebagian bangunan Pabrik Kina pertama di Kabupaten Bandung turut hancur.

Beberapa tahun berselang sebuah angin kencang juga menerjang yang mengakibatkan atap pabrik terbawa.

Pada saat bersamaan, produksi kina di Cikembang mengalami penurunan. Walau demikian, produksi masih tetap berjalan. Kina masih dipanen dari perkebunan seluas 1.000 hektar, walaupun tidak optimal.

Hingga pada 1996, terjadi penyerobotan besar-besaran. Sebelum 1996, sebagian lahan yang ditanami kina dilakukan KSO (Kerja Sama Operasional).

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jejak Sejarah Bung Karno di Kota Bandung

Senin, 6 Juni 2022 | 17:04 WIB

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB

Berziarah ke Makam Sembah Dalem Wirasuta Cimahi

Senin, 7 Maret 2022 | 19:24 WIB

Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:57 WIB
X