Asal-Usul 15 Jalan di Bandung yang Gunakan Nama Orang Asing

- Senin, 21 Februari 2022 | 17:01 WIB
[Ilustrasi] Sedikitnya ada 15 Jalan di Kota Bandung yang menggunakan nama orang asing, salah satu yang terkenal adalah Pasteur. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
[Ilustrasi] Sedikitnya ada 15 Jalan di Kota Bandung yang menggunakan nama orang asing, salah satu yang terkenal adalah Pasteur. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Sedikitnya ada 15 jalan di Kota Bandung yang menggunakan nama orang asing. Bagaimana asal-usulnya?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Nama jalan di Kota Bandung tidak terlepas dari sosok maupun organisasi yang memiliki jasa dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Beberapa nama yang dapat Anda temui misalnya Jalan Mohammad Toha, Jalan Otto Iskandar Dinata, Jalan Dewi Sartika, Ir H Juanda, hingga R.E Martadinata.

Baca Juga: Bandung Baheula: Tegallega Tempat Pacuan Kuda para Juragan

Selain itu, nama jalan di Kota Bandung juga diambil dari nama badan atau organisasi yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, di antaranya Jalan Laswi (Laskar Wanita Indonesia) dan Jalan BKR (Badan Keamanan Rakyat).

Asal-usul 15 jalan di Bandung yang gunakan nama orang asing

Selain itu, ada juga nama-nama jalan yang diambil dari nama asing. Bagaimana asal-usul hingga dijadikan nama jalan dan dipertahankan hingga kini? Berikut daftaranya:

1. Jalan Marconi

Bernama lengkap Giuglielmo Marconi, tokoh ini merupakan penemu wireless telegraph (1896). Dia menerima hadiah Nobel bidang Fisika tahun 1909.

2. Jalan Morse

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB

Berziarah ke Makam Sembah Dalem Wirasuta Cimahi

Senin, 7 Maret 2022 | 19:24 WIB

Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:57 WIB
X