Sejarah Taman Lalu Lintas Kota Bandung yang Dahulu Disebut Insulindepark

- Selasa, 8 Februari 2022 | 16:53 WIB
Insulindepark tahun 1924. Menurut catatan sejarah Taman Lalu Lintas, dahulu tempat itu disebut Insulindepark atau Taman Insulinde. Namanya berganti beberapa kali. (COLLECTIE TROPENMUSEUM)
Insulindepark tahun 1924. Menurut catatan sejarah Taman Lalu Lintas, dahulu tempat itu disebut Insulindepark atau Taman Insulinde. Namanya berganti beberapa kali. (COLLECTIE TROPENMUSEUM)

Menurut catatan sejarah Taman Lalu Lintas, dahulu tempat itu disebut Insulindepark atau Taman Insulinde. Namanya kemudian berganti beberapa kali.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Suatu ketika, Wali Kota Bandung pernah mengakui dirinya memiliki kehidupan masa kecil yang dekat dengan Taman Insulinde.

Tempat itu bahkan jadi lokasi favoritnya, saat bolos sekolah.

Tentunya, Wali Kota Bandung itu tak menyebutnya dengan nama "Taman Insulinde", melainkan dengan sebutan yang lebih modern: Taman Lalu Lintas.

"Saya anak Bandung yang dekat dengan Taman Lalu Lintas. Saya menduga tidak ada orang dewasa di Bandung yang tidak pernah ke taman lalu lintas," ujar Ridwan Kamil, sebelum dirinya menjadi Gubernur Jawa Barat, pada tahun 2017.

Baca Juga: Sejarah Stadion Siliwangi, Markas Sepak Bola Termegah Pertama di Bandung

Sekarang, kita pun mengenal taman di Jalan Belitung No.1 itu dengan nama yang lebih panjang: Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution. Jauh hari sebelum sebutan resmi ini diterima, rupanya sudah ada tiga nama yang mendahuluinya.

Melalui bukunya, Sudarsono Katam mendeskripsikan Insulindepark (Taman Insulinde) sebagai taman yang indah, asri, dan unik di Kota Bandung. Sejak awal dibangun suasana sejuknya sudah terasa nyaman. 

Baca Juga: Legenda Persib Aang Witarsa, Si Kuda Terbang Pembobol Gawang Finalis Liga Champions

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jejak Sejarah Bung Karno di Kota Bandung

Senin, 6 Juni 2022 | 17:04 WIB

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB

Berziarah ke Makam Sembah Dalem Wirasuta Cimahi

Senin, 7 Maret 2022 | 19:24 WIB

Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:57 WIB
X