Sejarah Gedung The Historich Cimahi, Tempat Hiburan Tentara Belanda

- Minggu, 23 Januari 2022 | 16:15 WIB
Sejarah gedung The Historich Cimahi. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki)
Sejarah gedung The Historich Cimahi. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki)

Sejarah Gedung The Historich Cimahi.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Gedung The Historich yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Kota Cimahi, merupakan peninggalan pemerintahan Hindia-Belanda. gedung bersejarah Cimahi ini mulai dibangun pada 1895., gedung tersebut digunakan sebagai tempat berkumpul bagi tentara Belanda untuk menikmati hiburan.

"Jadi ketika itu tentara-tentara kan lelah sehabis bertempur atau latihan. Maka hiburannya di gedung itu. Di sana ada teater, dansa, pertunjukan film," ujar pegiat sejarah, Machmud Mubarok saat dihubungi Suara.com.

Baca Juga: RS Dustira Cimahi, Saksi Bisu Keberingasan Perang Zaman Penjajahan

Sebelum dinamakan The Historich, gedung tersebut bernama Societeiet voor Officieren. Usai pindah tangan ke TNI AD, namanya berganti menjadi Balai Prajurit Sudirman dan kemudian berubah lagi menjadi The Historich.

Arsitektur gedung The Historich mengadopsi gaya indische empire stijl. Gaya arsitektur itu dipengaruhi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-36, Herman Willem Daendels, yang menginginkan bangunan-bangunan bergaya Romawi dan Yunani.

Pada bagian luar, bangunan zaman Belanda ini masih tak berubah hingga kini. Ada beberapa bagian di dalamnya, seperti panggung permanen dan beberapa ruangan yang sama sekali tak mengalami perubahan.

"Kalau yang societet itu punya ciri tiangnya ionic atau bergelung. Jadi kalau kita lihat kolom, nanti di atasnya itu ada gelung," ujar Machmud.

Di balik kemegahan dan kekokohannya, arsitek yang membuat The Historich hingga kini belum diketahui secara pasti.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB

Berziarah ke Makam Sembah Dalem Wirasuta Cimahi

Senin, 7 Maret 2022 | 19:24 WIB

Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:57 WIB
X