Sejarah Balap Mobil di Bandung, Bloemenrally KLM Tahun 1952

- Jumat, 21 Januari 2022 | 17:57 WIB
Selalu asyik mengenang sejarah balap mobil di Bandung, lantaran banyak acara seru muncul di kota ini. Salah satunya, Bloemenrally KLM. (Wikimedia Commons/Printy4927 (CC))
Selalu asyik mengenang sejarah balap mobil di Bandung, lantaran banyak acara seru muncul di kota ini. Salah satunya, Bloemenrally KLM. (Wikimedia Commons/Printy4927 (CC))

Selalu asyik mengenang sejarah balap mobil di Bandung, lantaran banyak acara seru muncul di kota ini. Salah satunya, Bloemenrally KLM tahun 1952.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — April 1952 senantiasa terkenang meriah untuk warga Bandung. Mereka punya sejarah spesial pada saat itu dalam ihwal mobil balap.

Catatan sejarah menunjukkan, tujuh tahun setelah kemerdekaan Indonesia, warga turun ke jalanan Bandung. Berbaur dalam ragam pertunjukan dalam acara utama balap mobil.

Mereka saling menghibur dengan berbagai aksi, dalam satu tema acara yang disebut "Bandung Kota Kembang".

Ragam acara itu diadakan sekaligus, untuk menyemarakkan suasana terheboh di Jawa Barat. Dari lomba merangkai bunga, sampai kontes kecantikan. Juga ada perlombaan dengan skala yang lebih besar dari tahun sebelumnya, Bloemenrally KLM, yang melibatkan para penggemar balap kebut-kebutan dari berbagai kota.

"Kegiatan utama event ini ialah balapan mobil yang diikuti ratusan peserta," tulis Dimas Wahyu Indrajaya, sejarawan muda dan pengisi konten akun Instagram Memori Olahraga, mengutip dari Java Bode.

Baca Juga: Sejarah Lagu Halo Bandung (Hallo Bandoeng), Elegi tentang Kerinduan dan Kematian

Bukan hanya orang Bandung yang merasakan meriahnya, suka citanya tersaksikan pula oleh massa di beberapa wilayah Jawa Barat, terutama di daerah yang jadi lintasan Bloemenrally KLM

Setahun sebelumnya (1951), balapan yang disponsori perusahaan penerbangan Belanda ini pernah sukses digelar. Para pembalap yang menunggangi mobil sejenis Fiat Topolino Giardiniera (model tahun 1950-an) tancap gas di Jakarta dan mengakhiri perlombaan di Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB

Berziarah ke Makam Sembah Dalem Wirasuta Cimahi

Senin, 7 Maret 2022 | 19:24 WIB

Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:57 WIB
X