Sejarah Film Lutung Kasarung Tayang Perdana di Bioskop Bandung 1926

- Selasa, 4 Januari 2022 | 15:05 WIB
Seiring bioskop yang sudah kembali dibuka, mari mengenang lagi sejarah film Lutung Kasarung yang tayang perdana di Bandung tahun 1926. (Wikimedia Commons)
Seiring bioskop yang sudah kembali dibuka, mari mengenang lagi sejarah film Lutung Kasarung yang tayang perdana di Bandung tahun 1926. (Wikimedia Commons)

Seiring bioskop yang sudah kembali dibuka untuk publik, mari mengenang lagi sejarah film Lutung Kasarung yang tayang perdana di bioskop Bandung tahun 1926.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Menonton film itu aktivitas yang menyenangkan. Terlebih bila dilakukan dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga atau kekasih.

Menonton film juga syahdu, bila dilakukan pada momen yang pas.

Beberapa film Indonesia sukses go International. Tembus di beberapa festival internasional dan bahkan membawa sederet penghargaan dari luar. Sayang sekali, kita tak bisa menikmatinya saat ini, akibat pandemi.

Film Indonesia masa sekarang tak terlepas dari perkembangan sejarahnya. Pada 31 Desember 1926 atau 95 tahun lalu, perfilman Indonesia mengukir sejarah, film pertama berhasil dibuat oleh sineas Indonesia adalah dengan judul Loetoeng Kasaroeng (baca: Lutung Kasarung). Film itu merupakan film lokal pertama yang diputar di layar lebar.

Tayangnya Loetoeng Kasaroeng kala itu menjadi angin segar bagi perfilman Indonesia, di tengah serbuan film-film produksi luar negeri dengan tema khas Eropa atau Amerika dan India (Bollywood).

Baca Juga: Sisa Sejarah Manusia Purba di Goa Pawon

Bahkan saat itu tidak semua rakyat Indonesia bisa menikmati film bioskop, sehingga penayangan Loetoeng Kasaroeng menjadi tonggak awal perkembangan film lokal.

Film ini diputar perdana di Bioskop Elita (yang kini lahan eks Bioskop Palaguna), Bandoeng (baca: Bandung), pada 31 Desember 1926.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB

Berziarah ke Makam Sembah Dalem Wirasuta Cimahi

Senin, 7 Maret 2022 | 19:24 WIB

Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:57 WIB
X