13 Buku Karya Mohamad Koerdie Alias Sjarif Amin

- Jumat, 19 November 2021 | 14:47 WIB
Sebagian buku karya Mohamad Koerdie alias Sjarif Amin. Mohamad Koerdie menulis total 13 buku: 9 buku fiksi dan 4 nonfiksi. Satu biografi Mohamad Koerdie ditulis oleh Suradi Hp. (Istimewa)
Sebagian buku karya Mohamad Koerdie alias Sjarif Amin. Mohamad Koerdie menulis total 13 buku: 9 buku fiksi dan 4 nonfiksi. Satu biografi Mohamad Koerdie ditulis oleh Suradi Hp. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Tak banyak orang yang kenal dengan nama Mohamad Koerdie alias Sjarif Amin atau Syarif Amin. Sangat disayangkan mengingat Koerdie adalah satu dari sedikit bapak perintis pers nasional di Indonesia.

Mohamad Koerdie yang lahir di Cihaurbeuti, Ciamis, pada 10 September 1907 adalah pemimpin redaksi Sipatahoenan, koran berbahasa Sunda terbesar yang pernah ada. Koran ini beredar sampai ke Jerman dan Belanda.

Sipatahoenan berhenti terbit menyusul masuknya Jepang ke Bandung pada 1942. Namun demikian terbit lagi setelah Indonesia merdeka dan berhenti terbit untuk selamanya pada masa Orde Baru.

Baca Juga: [Bandung Baheula] 4 Sejarah Nama Jalan di Kota Bandung, dari Braga hingga Dago

Sipatahoenan mula-mula terbit di Tasikmalaya dengan penanggung jawab Soetisna Sendjaja. Namun secara formal, pemimpin redaksi pertamanya adalah Bakrie Soeraatmadja. Setelah Bakrie mundur, Mohamad Koerdielah yang menakhodai Sipatahoenan.

Lewat keputusan No. 69/XI/1973, Dewan Pers mengusulkan kepada pemerintah untuk menganugerahi Mohamad Koerdie gelar perintis pers Indonesia. Bersama Koerdie diusulkan nama Ki Hajar Dewantara dan Haji Mohammad Djamil Gelar Mangaradja Ihutan.

Namun baru pada 20 Mei 1976, Menteri Penerangan Mashuri menetapkan Mohamad Koerdie sebagai perintis pers nasional.

Baca Juga: Seni Membaca Buku: Belajar Mencintai Buku dari Bung Karno dan Bung Hatta

Walaupun tokoh pers, Mohamad Koerdie sebetulnya lebih dikenal sebagai sastrawan. Tidak mengherankan karena Mohamad Koerdie lebih banyak menulis karya sastra ketimbang karya jurnalistik.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

13 Buku Karya Mohamad Koerdie Alias Sjarif Amin

Jumat, 19 November 2021 | 14:47 WIB

Nenek Moyang PT KAI, Perusahaan Kereta Api SS di Bandung

Kamis, 30 September 2021 | 09:30 WIB

Filosofi Arsitektur dan Sejarah Masjid Salman ITB

Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:52 WIB

Kisah Huru-hara di Balik Berdirinya Pasar Baru

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:20 WIB
X