Pemandian Tjihampelas, Kolam Renang Pertama di Indonesia yang Tinggal Kenangan

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:59 WIB
Pemandian Tjihampelas. (Ist)
Pemandian Tjihampelas. (Ist)

AYOBANDUNG.COM -- Wilayah Cihampelas di Bandung merupakan wilayah yang sangat akrab di telinga para pelancong domestik. Di era pertengahan 1980-an, kawasan ini sangat masyur sebagai pusat jins.

Orang ke Bandung pasti berkunjung ke Cihampelas untuk belanja jins yang harganya relatif 'miring' dibandingkan harga di mal. Asli atau tidak, bukan masalah.

Menurut cerita, jalan tersebut dinamakan Cihampelas karena dulu di sana banyak terdapat pohon hampelas. Dinamakan 'hampelas' lantaran salah satu sisi daunnya kasar sehingga menyerupai kertas ampelas yang biasa digunakan untuk memperhalus permukaan kayu atau benda lainnya.

Baca Juga: Nyonya Homann, Pemilik Hotel Savoy Homann

Pohon hampelas tumbuh berkelompok di tempat yang memiliki mata air, termasuk di Cihampelas. Makanya pada 1898, pemerintah kolonial Belanda membangun sebuah kolam renang atau pemandian yang dinamakan "Europa Zwembad".

Pemandian Tjihampelas. (Ist)

Sebelum menjadi kolam renang, Pemandian Cihampelas awalnya adalah kolam ikan milik Nyonya Homann, istri dari pemilik Hotel Savoy Homann, tuan Homann.

Pemandian Tjihampelas dibangun untuk melayani tamu-tamu hotel, dan termasuk lengkap pada masanya dengan 3 buah kolam yang berstandar internasional.

Namanya kemudian diganti menjadi “Pemandian Tjihampelas” atau kolam renang Cihampelas yang merupakan satu kolam renang tertua di Kota Bandung dan pertama di Indonesia.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB

Berziarah ke Makam Sembah Dalem Wirasuta Cimahi

Senin, 7 Maret 2022 | 19:24 WIB

Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:57 WIB
X