Taman Musik Centrum dan Tragedi Sabtu Kelabu AACC 2008

- Kamis, 15 Juli 2021 | 16:40 WIB
Taman Musik dengan tugu gitarnya yang ikonik.
Taman Musik dengan tugu gitarnya yang ikonik.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Meski memiliki taman-taman yang tersebar di penjuru sudut Kota Bandung, terdapat satu taman yang sengaja didirikan untuk mengenang sebuah tragedi pada tahun 2008. Yaitu Taman Musik Centrum.

Tiga belas tahun lalu, hadir seribu penggemar yang sangat antusias dengan konser band metal asal Bandung, Beside, datang memenuhi Gedung Asia Afrika Culture Center (AACC).

Kapasitas Gedung AACC sendiri sebenarnya hanya bisa menampung 400 orang. Tak terhindarkan, situasi jadi tak terkendali ketika penggemar yang tidak memiliki tiket menerobos masuk ke dalam gedung.

Meski konser berjalan dengan lancar, tetapi kekacauan terjadi saat konser telah usai. Pembubaran acara tidak berjalan dengan mulus lantaran penonton berdesak-desakan ingin segera keluar dari gedung itu.

Celakanya, desakkan itu membuat penonton lain panik, mengakibatkan beberapa penonton terjatuh dan terinjak-terinjak bahkan mengalami sesak nafas akibat kekurangan oksigen.

Peristiwa yang kemudian dikenal sebagai Sabtu Kelabu ini terjadi pada tanggal 9 Februari 2008 dengan menewaskan 11 orang penonton.

Kala itu, drummer band Beside menuturkan, kala mendirikan taman musik ini komunitas penggemar Beside mengajukan ide kepada Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, untuk mendirikan sebuah monumen sebagai bentuk pengingat tragedi kelabu ini supaya peristiwa serupa tidak terulang kembali.

Jadi, pada tahun 2014, patung gitar setinggi enam meter dengan lebar tiga meter resmi berdiri dengan kokohnya di Taman Musik Centrum di Jalan Sumbawa No.32, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, untuk mengenang tragedi memilukan tersebut. [Alya Nur Anisya]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Nenek Moyang PT KAI, Perusahaan Kereta Api SS di Bandung

Kamis, 30 September 2021 | 09:30 WIB

Filosofi Arsitektur dan Sejarah Masjid Salman ITB

Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:52 WIB

Kisah Huru-hara di Balik Berdirinya Pasar Baru

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:20 WIB
X