4 Tugu Sister City yang Ikonik di Kota Bandung

- Rabu, 14 Juli 2021 | 18:30 WIB
Tugu Suwon, salah satu tugu Sister City di Kota Bandung.
Tugu Suwon, salah satu tugu Sister City di Kota Bandung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Dalam perjalanan sejarahnya, Kota Bandung mewariskan bangunan-bangunan yang bernilai sejarah, sebagai salah satu bukti dari kejayaan pada masa lampau.

Jika melintasi jalan Wastukencana sampai jalan Merdeka sembari memperhatikan sekeliling, akan terlihat sebuah Tugu yang berdiri kokoh di tiap beberapa sudut jalan. Mungkin tak banyak orang yang menyadari keberadaan Tugu tersebut, kadang bahkan tak peduli dengan keberadaanya.

Padahal, Tugu tersebut merupakan simbol kerja sama kota Bandung dengan kota mancanegara lain di beberapa bidang tertentu. Tugu itu dinamai Tugu Sister City.

Sister City atau Kota Kembar adalah bentuk konsep kerjasama dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik. Dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontrak sosial antar penduduk. Konsep Sister City mempunyai beragam manfaat bagi program kerja sama antar kota.

Sister City juga umumnya memiliki persamaan keadaan demografi dan masalah-masalah yang dihadapi. Jadi bisa diumpamakan sebagai sahabat pena antara dua kota. Hubungan kota kembar pun sangat bermanfaat bagi program Kerjasama di bidang budaya dan perdagangan.

Bandung sendiri ialah kota dengan Sister City terbanyak ke-2 di Indonesia setelah Jakarta. Di Bandung memiliki total 25 Sister City, diantaranya Asia, Afrika, Amerika, dan Eropa.

Namun, dari jumlah 25 Sister City, hanya terdapat 4 Tugu yang dibangun sebagai simbol kerjasama Bandung dengan mitra kotanya.

1. Tugu Sister City Liuzhou

-
Tugu Lizhou (Ayobandung.com/Muhammad Rizaldi Nugraha/Magang)

Tugu Sister City Liuzhou berada di persimpangan jalan Wastukencana dan jalan Tamansari. Liuzhou merupakan sebuah kota di Cina yang terletak di bagian timur.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Nenek Moyang PT KAI, Perusahaan Kereta Api SS di Bandung

Kamis, 30 September 2021 | 09:30 WIB

Filosofi Arsitektur dan Sejarah Masjid Salman ITB

Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:52 WIB

Kisah Huru-hara di Balik Berdirinya Pasar Baru

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:20 WIB
X