Sejarah Banceuy dari Kuburan, Penjara Sukarno, dan Pasar Onderdil

- Rabu, 7 Juli 2021 | 11:55 WIB
Penjara Banceuy salah satu cagar budaya dan sejarah di Jln. Banceuy, Kota Bandung.
Penjara Banceuy salah satu cagar budaya dan sejarah di Jln. Banceuy, Kota Bandung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Tak jauh dari keramaian jalan Braga dan Asia Afrika, di pusat Kota Bandung, ada kawasan yang ternyata memiliki nilai sejarah penting yang patut diketahui.  Kawasan tersebut, meski jadi sepi karena pandemi Covid-19, ialah Banceuy.

Banceuy, secara harfiah dapat diartikan sebagai "kampung yang bersatu dengan istal kuda", alias kampung yang ditempati tukang kuda dan keretanya.

Dalam Kamus Umum Basa Sunda dijelaskan, sebelum adanya kendaraan bermotor, kawasan Banceuy pernah dijadikan tempat peristirahatan dan mengganti kuda.

Kawasan yang mempunyai jalan sepanjang 600 meter itu diresmikan pemerintah kolonial pada 1871 dengan nama Bantjeuy Weg (Jalan Bantjeuy), atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Banceuy saja.

Bekas Kuburan Angker

Sebelum berganti nama menjadi Banceuy, jalan ini sempat dikenal dengan nama Oude Kerkhofweg yang berarti Jalan Kuburan Lama atau Sentiong. Di salah satu sisi kawasan memang sempat terdapat terdapat kuburan yang sekaligus dijadikan batas kota zaman dulu.

Mengutip dari Buku Haryato Kunto, berjudul Bandoeng Tempo Doeloe, salah seorang warga kota terkemuka yang dimakamkan di sana adalah Asisten Residen Carl Wilhelm August Nagel. Ia terbunuh dalam intrik politik yang melahirkan kerusuhan dan pembakaran pasar akhir 1845.

Karena kuburan tersebut katanya angker, orang-orang Bandung tempo dulu banyak yang tak berani melintasi ruas jalan tersebut. Mereka lebih memilih memutar demi menghindari kuburan tersebut.

Ada Bekas Penjara Sukarno

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Filosofi Arsitektur dan Sejarah Masjid Salman ITB

Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:52 WIB

Kisah Huru-hara di Balik Berdirinya Pasar Baru

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:20 WIB

4 Tugu Sister City yang Ikonik di Kota Bandung

Rabu, 14 Juli 2021 | 18:30 WIB
X