Sekelumit Sejarah Terbentuknya Kota Bandung

- Rabu, 10 Juni 2020 | 12:46 WIB
Gedung Sate di Kota Bandung.
Gedung Sate di Kota Bandung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pada 25 September 1810, Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels mengeluarkan surat keputusan tentang pembangunan sarana dan prasarana.

Kota Bandung pun mulai dijadikan sebagai kawasan permukiman oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda. Kemudian hari berlangsungnya peristiwa ini diabadikan sebagai hari jadi kota Bandung.

Sejarah Berdirinya Kota Bandung

Dilansir dari disdik.jabarprov.org, sejarah Kota Bandung bermula dari Legenda Sangkuriang yang menceritakan bagaimana terbentuknya danau Bandung dan Gunung Tangkuban Perahu.

Air dari danau Bandung menurut legenda, mulai mengering karena mengalir melalui sebuah gua yang bernama Sanghyang Tikoro.

Situ Aksan merupakan daerah terakhir dari sisa-sisa Danau Bandung yang telah kering. Pada tahun 1970-an situ tersebut masih berupa danau tempat wisata, hingga saat ini sudah menjadi daerah perumahan untuk permukiman.

Kota Bandung secara geografis memang dikelilingi oleh pegunungan. Kondisi ini menunjukkan pada masa lalu, kota Bandung memang merupakan sebuah telaga atau danau.

Pada 1896 Bandung belum ditetapkan menjadi kota dengan data penduduk 29.382 orang. Sebanyak 1.250 orang di antaranya berkebangsaan Eropa, mayoritas orang Belanda. 

Pada 1 April 1906, Kota Bandung secara resmi mendapat status gemeente (kota) dari Gubernur Jenderal J.B. van Heutsz dengan luas wilayah sekitar 900 ha. Pada 1949, luasnya bertambah menjadi 8.000 ha.

Pada masa perang kemerdekaan, 24 Maret 1946, sebagian kota ini di bakar oleh para pejuang kemerdekaan sebagai strategi perang.

Peristiwa ini dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api dan diabadikan dalam lagu Halo-Halo Bandung. Kemudian, Kota Bandung ditinggalkan oleh sebagian penduduknya yang mengungsi ke daerah lain.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Nenek Moyang PT KAI, Perusahaan Kereta Api SS di Bandung

Kamis, 30 September 2021 | 09:30 WIB

Filosofi Arsitektur dan Sejarah Masjid Salman ITB

Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:52 WIB

Kisah Huru-hara di Balik Berdirinya Pasar Baru

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:20 WIB
X