[Lipkhas] Berkunjung ke Rumah Antik Juragan Teh Malabar

- Selasa, 10 Desember 2019 | 09:21 WIB
Rumah Bosscha. (Ayobandung.com/Rizma Riyandi)
Rumah Bosscha. (Ayobandung.com/Rizma Riyandi)

PANGALENGAN, AYOBANDUNG.COM -- Tepat berada di tengah-tengah kebun teh seluas 11.300 hektare di Pangalengan, Kabupaten Bandung, berdiri sebuah rumah bergaya Eropa. Rumah dengan nuansa putih tersebut dibangun pada 1896, tak berjauhan dengan momen saat sang pemilik, Karel Albert Rudolf Bosscha, membuka Perkebunan Teh Malabar.

Meski sudah berusia lebih dari satu abad, rumah itu masih tampak terurus. Bahkan di dalamnya masih tersimpan barang-barang pribadi milik Bosscha.

Rumah Bosscha memiliki ruangan terbuka yang saling terhubung. Seperti ruang tamu, ruang tengah, dan ruang makan yang tak disekat, tetapi memperlihatkan batas-atas yang jelas.

Sementara di samping selatan terdapat dua kamar tidur yang disambungkan oleh lorong. Begitupun dengan toilet yang terhubung dengan lorong dan pintu samping yang langsung menuju ke luar. Adapun dapur, terletak di bagian belakang rumah dan bersebelahan dengan pintu menuju gudang bawah tanah.

Menurut penuturan Kepala Wilayah Agrowisata Malabar Suhara, Rumah Bosscha dibangun dengan material yang tidak sama seperti pembangunan rumah saat ini. Rumah tersebut dibangun tanpa semen.

Pembangunannya hanya menggunakan dua material, yaitu cadas dan kapur. Bagian-bagian rumah Bosscha pun tidak direkatkan dengan paku. Setiap kusen yang ada direkatkan oleh pasak.

Rumah Bosscha. (Ayobandung.com/Rizma Riyandi)

Selain itu konstruksinya pun dibuat dengan teknologi antigempa, yakni menggunakan peredam berupa ruang kosong pada dinding dan tiang yang terbuat dari bilik. Sehingga saat gempa terjadi, ruang kosong tersebut mampu meredam getaran. Rumah Bosscha pun bebas dari retakan meskipun gempa-gempa besar sering melandanya.

"Makanya rumah ini walaupun sudah terkena gempa berkali-kali tetap kokoh. Alhamdulillah tidak ada yang rusak bagian dinding dan pondasinya. paling gentengnya saja yang berjatuhan," ujar Suhara pada Ayobandung.com, Jumat (6/12/2019).

Perabotan Milik Bosscha

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Bojong Kunci: Sejarah Cita Rasa Opak

Jumat, 16 September 2022 | 19:40 WIB
X