Bandoeng Baheula: Sejarah Gedung Nedhandel NV

- Jumat, 3 Mei 2019 | 14:33 WIB
Gedung Nedhandel NV yang terletak di sebrang alun-alun Bandung, tepatnya di Jalan Asia Afrika No 61. (Anya Dellanita/ayobandung.com)
Gedung Nedhandel NV yang terletak di sebrang alun-alun Bandung, tepatnya di Jalan Asia Afrika No 61. (Anya Dellanita/ayobandung.com)

REGOL, AYOBANDUNG.COM -- Sebagai kota yang sempat direncanakan sebagai ibu kota Hindia-Belanda, Bandung tentunya memiliki banyak gedung peninggalan Belanda. Walaupun banyak yang fungsinya sudah berubah, banyak gedung yang masih mempertahankan bentuk aslinya.

Salah satunya, gedung yang terletak di sebrang alun-alun Bandung, tepatnya di Jalan Asia Afrika No 61.  Gedung tersebut bernama Nedhandel NV. Kini, bangunan ini dipakai sebagai cabang dari salah satu bank swasta.

Gedung yang dibangun pada 1912 ini sebenarnya adalah kantor yang dibangun untuk Nederlandsche Handel Maatchappij (NHM) NV.  Sama seperti gedung Bank Indonesia Bandung, gedung ini  juga dirancang oleh dua orang arsitek yakni Hulswit Vermen dan Edward Cuypers. 

AYO BACA : Bandoeng Baheula: Gedung Pensil Bandung yang Beratap Unik

Gaya arsitekturnya mengikuti gaya Neo klasik abad ke-19 di Belanda dengan menggunakan material-material yang didatangkan dari Eropa.

Dikutip dari tulisan milik Apriliya Oktavianti dari situsbudaya.id pada Jumat (3/5/2019), NHM atau Factorji Batavia merupakan perusahaan dagang milik Belanda yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan. Perusahaan tersebut adalah perusahaan besar yang mendukung perekonomian di Hindia Belanda pada waktu itu.

Pada 1971, Jan Reerink, pengusaha penggilingan beras di Cirebon ingin membuat pengeboran minyak di Gunung Ciremai tepatnya di kawasan Cibodas, Majalengka. Demi mewujudkan ambisinya, Reerink lalu meminta dukungan dana dari perusahaan tersebut.

Selain itu, dia juga sempat berguru ke Amerika mempelajari eksplorasi minyak. Namun  eksplorasi Reerink harus terhenti pada 1876 karena dukungan dari NHM juga berhenti.

AYO BACA : Bandoeng Baheula: Bandoengsche Melk Centrale, Pusat Pengolahan Susu Termodern Hindia-Belanda

Setelah itu, NHM NV di Belanda berubah menjadi salah satu bank ternama, yakni ABN AMRO yang berpusat di Amsterdam. Bank tersebut merupakan gabungan NHM  dengan De Twentsche Bank membentuk Algemene Bank Nederland (ABN).

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

5 Jejak Sejarah Bung Karno di Kota Bandung

Senin, 6 Juni 2022 | 17:04 WIB

Esai Sunda: KAKAREN LEBARAN

Jumat, 6 Mei 2022 | 07:24 WIB

Sastra Sunda: NYAI MERTASINGA

Sabtu, 23 April 2022 | 14:08 WIB

Berziarah ke Makam Sembah Dalem Wirasuta Cimahi

Senin, 7 Maret 2022 | 19:24 WIB

Sejarah Jalan Braga di Kota Bandung

Jumat, 18 Februari 2022 | 13:57 WIB
X