Bandoeng Baheula: Kisah Tragis DW Berretty, Aneta, dan Vila Isola

- Kamis, 6 Desember 2018 | 02:41 WIB
Direktur kantor berita Aneta (Algemeen Nieuws-en Telegraaf-Agentschap) sekaligus pemilik Vila Isola Dominique Willem Berretty bersama anaknya, Dodo. Kisah raja media ini penuh dram dengan akhir tragis (Sumber: Sipatahoenan, 22 Desember 1934).
Direktur kantor berita Aneta (Algemeen Nieuws-en Telegraaf-Agentschap) sekaligus pemilik Vila Isola Dominique Willem Berretty bersama anaknya, Dodo. Kisah raja media ini penuh dram dengan akhir tragis (Sumber: Sipatahoenan, 22 Desember 1934).

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Berikut kisah menarik di Bandoeng baheula. Kisah berkaitan dengan Dominique Willem Berretty, raja media sekaligus pemilik Vila Isola.

Foto di atas menunjukkan DW Berretty sedang bersama anaknya yang bernama Dodo. Koran Sipatahoenan tanggal 22 Desember 1934 menulis kalau Berretty adalah sosok yang terkenal.

”Kawentar koe hiroepna noe sesa seubeuh, kawentar koe mere-mawehna, kawentar koe... affaire-na.” Terkenal lantaran tak kenal kekurangan pangan, terkenal lantaran kedermawanannya, dan terkenal lantaran skandal-skandal asmaranya.

DW Berrety lahir di Jogjakarta pada 20 November 1890. Dia anak pasangan pengusaha Italia Dominique Auguste Leonardus Berrett dan Marie Salem, orang Jawa.

Kariernya dimulai sebagai korektor di Bataviaasch Nieuwsblad pada 1910. Namun dengan cepat melesat hingga berhasil mendirikan kantor berita Aneta pada 1 April 1917. Aneta boleh dikata merupakan cikal-bakal Antara.

Dalam usia belum genap 30 tahun, DW Berretty ”si raja rumor dari Bandoeng” ini sudah dikaruniai kekayaan melimpah. Seiring dengan kemakmurannya, kisah asmaranya pun tak kalah dinamisnya.

DW Berretty tercatat 6 kali menikah dan dikaruniai 3 orang anak. Yang paling menghebohkan adalah hubungan asmaranya dengan salah seorang anak Gubernur Jenderal Hindia Belanda Bonifacius Cornelis de Jonge yang tengah berkuasa.

Hubungan itu konon tidak direstui de Jonge dan bahkan ada yang mengaitkannya dengan meninggalnya DW Berretty.

AYO BACA : Bandoeng Baheula: Asal Usul Julukan Parijs van Java

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

13 Buku Karya Mohamad Koerdie Alias Sjarif Amin

Jumat, 19 November 2021 | 14:47 WIB

Nenek Moyang PT KAI, Perusahaan Kereta Api SS di Bandung

Kamis, 30 September 2021 | 09:30 WIB

Filosofi Arsitektur dan Sejarah Masjid Salman ITB

Kamis, 12 Agustus 2021 | 16:52 WIB

Kisah Huru-hara di Balik Berdirinya Pasar Baru

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:20 WIB
X