Youn Yuh-jung, Aktris Korea Pertama Pemenang Oscar

- Senin, 26 April 2021 | 11:48 WIB
Aktris Korea Youn Yuh-jung berpose dengan Brad Pitt berpose di press room Oscar, Ahad (25/4) waktu setempat. Youn Yuh-jung memenangkan penghargaan aktris pendukung terbaik di Academy Awards ke-93.
Aktris Korea Youn Yuh-jung berpose dengan Brad Pitt berpose di press room Oscar, Ahad (25/4) waktu setempat. Youn Yuh-jung memenangkan penghargaan aktris pendukung terbaik di Academy Awards ke-93.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Youn Yuh-jung memenangkan penghargaan aktris pendukung terbaik di Academy Awards ke-93 pada Senin, 26 April 2021. Yuh-jung memenangkan penghargaan untuk perannya sebagai seorang nenek eksentrik dalam film Korea-Amerika Minari.

Dengan kemenangan tersebut, Youn Yuh-jung menjadi orang Korea Selatan pertama yang memenangkan Oscar untuk akting. Tidak ada aktor Korea lain, termasuk aktor pemenang Oscar Parasite, yang pernah dinominasikan untuk Academy Award.

Empat aktor lainnya yang bersaing untuk mendapatkan hadiah tersebut adalah Maria Bakalova untuk Borat Subsequent Moviefilm, Glenn Close untuk Hillbilly Elegy, Olivia Colman untuk The Father, dan Amanda Seyfried untuk Mank.

Dalam film yang sebagian besar otobiografi Lee Issac Chung Minari, aktor berusia 73 tahun itu menggambarkan seorang nenek Korea yang tiba di sebuah pertanian, di pedesaan Arkansas untuk merawat kedua cucunya, sementara putrinya Monica (Han Ye-ri) dan menantu laki-lakinya Jacob (Steven Yeun) mengejar impian.

“Dia telah memainkan karakter yang unik dan galak. Dia juga memainkan karakter nenek yang luar biasa di Minari,” kata sutradara Parasite Bong Joon-ho memuji Youn.

Dia mengatakan, sangat menikmati menonton karakter nenek yang tidak melakukan pekerjaan rumah, yang bertentangan dengan citra nenek pada umumnya. Minari ditayangkan perdana di Sundance Film Festival pada Januari tahun lalu, di mana film itu memenangkan hadiah juri dan penonton.

Menjelang kemenangan Oscar, Youn mengantongi lebih dari 30 trofi aktris pendukung, termasuk dari Akademi Seni Film dan Televisi Inggris dan Screen Actors Guild, untuk penampilannya dalam film tersebut. Youn memiliki karir selama lima dekade.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

X