Jokowi Teken Aturan Royalti Hak Cipta Lagu, Mantan Vokalis Nineball Buka Suara

- Kamis, 8 April 2021 | 22:34 WIB
Mantan vokalis Nineball, Ray Shahreza.
Mantan vokalis Nineball, Ray Shahreza.

PARONGPONG, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Joko Widodo atau Jokowi teken Peraturan Pemerintah (PP) PP Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan Musik. 

Dalam aturan ini, ditetapkan bahwa setiap orang dapat melakukan penggunaan secara komersial lagu dan atau musik dalam bentuk layanan publik dengan membayar Royalti kepada Pencipta, Pemegang Hak Cipta, dan/atau pemilik Hak Terkait melalui LMKN.

Terkait aturan ini, mantan vokalis Nineball, Ray Shahreza mengatakan mendung adanya royalti hak cipta lagu. Namun, di sisi lain sebagai musisi dirinya merasa bangga jika karyanya tersebut dinyanyikan oleh orang lain.

"Kalo saya sebagai musisi ketika lagu saya dibawakan oleh orang lain saya malah senang, otomatis itu promosi gratis. Lagu kita juga akan makin banyak didengan orang-orang," kata Ray, Kamis 8 April 2021.

Oleh karena itu, Ray memberi saran peraturan tersebut khusus diterapkan bagi tempat-tempat tertentu yang mengkomersilkan lagu, bukan sesama musisi. Ia menilai, jika hal tersebut diterapkan bagi sesama musisi justru tidak akan menguntungkan.

Diketahui, beberapa tempat kerap memakai karya para musisi tanpa terlebih dahulu melakukan izin. Beberapa tempat tersebut di antaranya restoran, hotel, dan karaoke. 

"Tapi kalau sekarang dibebankan (penyanyi) membawakan lagu orang lain ditarik royalti sebenarnya itu memberatkan para musisi juga," tambahnya. 

Ray berharap, peraturan tersebut diterapkan secara adil dan tepat. Hal itu agar maksud baik dikeluarkannya peraturan tersebut dapat tercapai.

"Mudah-mudahan memberikan banyak manfaat kepada kita khususnya para musisi," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Pandemi Bikin Iwan Fals Frustasi, Sampai Lakukan Hal Ini

Jumat, 17 September 2021 | 13:29 WIB

Jonathan Frizzy Tak Hadiri Sidang cerai, Ini Alasannya

Kamis, 16 September 2021 | 13:34 WIB

Marlina Ungkap Alasan Bongkar Kelakuan Ayah Taqy Malik

Kamis, 16 September 2021 | 06:41 WIB

Boris Preman Pensiun Mengaku Gunakan Sabu Baru Sebulan

Rabu, 15 September 2021 | 20:01 WIB

Travel Umrah Taqy Malik Dituduh Gelapkan Dana Jamaah

Rabu, 15 September 2021 | 11:25 WIB

Nonton 13 Film Horor Ini Dapat Rp18,5 Juta, Ada yang Mau?

Selasa, 14 September 2021 | 15:48 WIB

Ridho DA Nikah Bulan Depan, Tak Ada Acara Lamaran

Selasa, 14 September 2021 | 06:57 WIB
X