BNN Ungkap Obat yang Buat Millen Cyrus Ditangkap untuk Gangguan Jiwa

- Minggu, 28 Februari 2021 | 12:59 WIB
Millen Cyrus
Millen Cyrus

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Selebgram Millen Cyrus ditangkap tim Detresnarkoba Polda Metro Jaya saat razia protokol kesehatan (prokes) karena terbukti positif mengonsumsi zat psikotropika benzodiazepine.

Karo Humas dan Protokol Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen Sulistyo Pudjo Hartono menyebut, benzodiazepine termasuk kategori psikotropika golongan dua sampai empat. Obat atau zat tersebut umumnya dipergunakan untuk mengatasi gangguan kejiwaan rendah atau tinggi.

"Obat itu dipakai untuk orang yang mengalami gangguan kejiwaan apakah depresi dan sebagainya tergantung analisis dari dokter," kata Pudjo kepada wartawan, Minggu (28/2/2021).

Menurut Pudjo, penggunaan obat benzodiazepine mesti dibekali dengan resep dokter. Mereka yang tertangkap menggunakan benzodiazepine dengan dilengkapi surat keterangan atau resep dokter pun tidak bisa diproses secara hukum.

Namun, kata dia, bagi pengguna obat benzodiazepine yang tidak dilengkapi dengan surat keterangan dokter dapat dikenakan sanksi pidana. Sebab, perbuatan itu dapat dikategorikan sebagai bentuk penyalahgunaan psikotropika.

"Kalau psikotropika dia dapatkan secara ilegal karena kebutuhan adiksi narkotika. Dia tidak dapat narkotika dan cari obat diluar. Itu namanya penyalahgunaan. Ada hukumannya," jelasnya.

Millen Cyrus diamanakan polisi terkait kasus penyalahgunaan psikotropika. Dia diamsn5 saat aparat kepolisian tengah melaksanakan razia protokol kesehatan di Bar Brotherhood Gunawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (28/2/2021) dini hari tadi.

Berdasar hasil tes urine, Millen Cyrus bersama beberapa temannya terkonfirmasi positif mengkonsumsi benzodiazepine.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Dua Mobil Mewah Doni Salmanan Dibeli Dari FS

Kamis, 22 September 2022 | 13:56 WIB
X