Kisah Karier Didi Kempot, dari Jalanan hingga ke Panggung Eropa

- Selasa, 5 Mei 2020 | 09:43 WIB
Penyanyi Didi Kempot. (Instagram/@didikempot_official)
Penyanyi Didi Kempot. (Instagram/@didikempot_official)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebelum meninggal dunia, penyanyi Didi Kempot sempat menceritakan perjalanan kariernya, dari seorang pengamen jalanan, hingga kini menjadi artis internasional dan dicintai di negeri sendiri.

Penyanyi dengan julukan Godfather of Broken Heart itu terlahir dari keluarga seniman. Ayahnya, Ranto Edi Gudel adalah seorang pemain ketropak dan ibunya, Umiyati Siti Nurjanah seorang penyanyi tradisional.

"Saya berseni mungkin karena saya hidup di lingkungan seniman-seniman tradisional. Dari ibu, bapak, dan kaka saya," ujar Didi Kempot, yang ditemui di Jakarta Timur, Selasa (10/3/2020).

Lelaki kelahiran Surakarta 53 tahun lalu ini mengungkapkan, sebelum memasuki studio rekaman, dia sempat menjadi pengamen jalanan di Jakarta. Ia memiliki grup bernama "Kempot".

"Saya sempat menjadi penyanyi jalanan. Adalah Kempot, kelompok penyanyi trotoar artinya penyanyi jalanam waktu itu," ucap Didi .

AYO BACA : Sebelum Meninggal, Didi Kempot Buat ‘Ojo Mudik’ di Tengah Corona

Pemilik nama lengkap Dionisius Prasetyo itu mengatakan awal terjun dalam industri musik Tanah Air, ia hanya berbekal keyakinan yang ditanamkan oleh keluarga dalam genre musik tradisional.

"Dari situ akhirnya saya berpikir apa yang pernah dilakukan orang tua saya bapak dan ibu saya, saya akan terus melanjutkan," kata Didi.

"Saya ngambil nyanyi-nyanyi tembang jawa, dan saya punya keyakinan suatu saat saya pasti akan bisa membangkan apa yang pernah dialami bapak dan ibu saya waktu itu," tutur Didi.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Resmi! BTS Akan Vakum Sementara, Hingga Kapan?

Senin, 6 Desember 2021 | 10:30 WIB

Irish Bella Ingin Sang Anak Main di Alam Terbuka

Sabtu, 4 Desember 2021 | 20:23 WIB
X