Yamaha NMax

Cerita Seorang Penyambut Tamu di Bandara Husein Sastranegara

  Senin, 18 Juni 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Novitri saat berjaga di pintu kedatangan domestik Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Senin (18/6). (Anggun Nindita/ayobandung)

PAJAJARAN, AYOBANDUNG.COM—Bibir Novitri terus mengucapkan kalimat yang sama. “Selamat siang, selamat datang di Bandara Husein Sastranegara,” ujarnya pada setiap tamu yang akan memasuki areal bandara. Entah sudah berapa kali kalimat itu diucapkannya. Yang jelas, pekerjaan sebagai seorang greater atau penyambut tamu bandara dilakoni Novitri dengan senang hati.

Beberapa calon penumpang membalas sapaannya. Tapi, tak sedikit pula calon penumpang yang mengacuhkannya seolah tak menyadari keberadaan Novitri di samping pintu.

Pekerjaan yang dilakoni gadis berusia 22 tahun ini hanya bersifat sementara. Khusus dilakoni pada saat arus mudik dan balik Lebaran. “Mulai dari tanggal 8 sampai 24 Juni saya bertugas di sini sebagai greater,” kata Novitri saat ditemui ayobandung, Senin (18/6/2018).

Selama menjadi seorang penyambut tamu bandara, Novitri harus bekerja selama empat hingga lima jam selama. Dan, selama itu pula, Novitri harus rela berdiri dan menyambut setiap calon penumpang yang datang dengan keramah-tamahannya. “Tapi saya enggak masalah, soalnya senang ketemu banyak orang,” kata dia. Toh, Novitri menikmati pekerjaan ini.

Ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang penyambut tamu bandara. Salah satunya adalah mampu bersikap ramah dan murah senyum. Lagipula, apa susahnya untuk tersenyum dan bersikap ramah pada orang lain.

Tak hanya Novitri, tiga perempuan lain juga turut bertugas sebagai penyambut tamu bandara. Dua orang bertugas di pintu kedatangan domestik, sementara sisanya bertugas di pintu kedatangan internasional.

Sebagai seorang penyambut tamu, Novitri berharap penumpang semakin nyaman saat akan melakukan perjalanan ke kota tujuan. "Mungkin tugas (penyambut tamu) enggak terlalu berat, tapi, kan, kita bisa memberi energi positif dengan memberikan sapaan bagi para penumpang," ucapnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar